Minggu, 10 Juni 2012
MEMPERLUAS TAKSONOMI TUJUAN PEMBELAJARAN
Taksonomi Bloom mengklasifikasi hasil pembelajaran menjadi tiga ranah, yaitu
1. Kognitif
2. Afektif
3. Psikomotorik
Ranah Kognitif
Bloom mengklasifikasi menjadi enam tingkat:
1. Pengetahuan (C1) : klasifikasi yang menekankan pada mengingat yakni mengungkapkan atau mengenal kembali sesuatu yang telah dipelajari dan disimpan dalam ingatan. Jenis-jenisnya meliputi (1) Pengetahuan spesifik, (2) pengetahuan tentang cara dan definisi sesuatu yang spesifik, (3)pengetahuan umum dalam sesuatu bidang.
2. Pemahaman (C2)
Menekankan pengubahan pada informasi kedalam bentuk yang lebih mudah dipahami
Bentuk pemahaman ini adalah:1. Translasi, 2. Interprestasi, 3. Ekstrapolasi
3. Penerapan (C3)
Menggunakan abstraksi pada situasi tertentu dan konkrit. Penekanannya pada pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.
4. Analisis (C4)
Memilih informasi kedalam satuan-satuan bagian yang lebih rinci sehingga dapat dikenali fungsinya .
5. Sintetis (C5)
Penyusunan bagian-bagian untuk membentuk suatu kesatuan atau pola pengetahuan yang baru berupa susunan komunikasi yang unik.
6. Penilaian (C5)
Pertimbangan-pertimbangan nilai tentang sesuatu bahan atau metode untuk tujuan tertentu.
Ranah sikap (afektif)
Krathwohl, Bloom dan Masia mengembangkan ranah sikap menjadi lima tingkat:
1. Menerima (A1)
Berkaitan dengan keinginan untuk terbuka terhadap stimulus atau pesan-pesan yang berasal dari lingkungannya.
2. Merespon. (A2)
Pada tingkat ini muncul keinginan untuk melakukan tindakan sebagai respon terhadap stimulus.
3. Menghargai (A3)
Rasa puas dan nikmat ketika melakukan respon atau stimulus menyebabkan individu ingin secara konsisten menampilkan tindakan itu dalam situasi yang serupa.
4. Mengorganisasi (A4)
Individu yang sudah konsisten dan berhasil menampilkan suatu nilai pada suatu saat akan menghadapi situasi dimana lebih dari satu nilai yang ditampilkan.
5. Karakteristik (A5)
Bertindak konsisten sesuai nilai yang dimilikinya.
Ranah Psikomotorik
Simpson mengklasifikasikan menjadi:
1. Persepsi (M1)
2. Kesiapan (M2)
3. Respon terbimbing (M3)
4. Mekanisme (M4)
5. Respon terpola (M5)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar