Pada saat mngajar para guru sering dihadapkan pada persoalan-persoalan yang berkaitan dengan bagaimana cara mempermudah belajar siswa.
Guru atau instruktur perlu memberi kemudahan atau fasilitas dalam menyampaikan informasi, sebaliknya siswa yang mudah menerima informasi akan belajar lebih gairah dan termotivasi.
Bahwa banyak unsur yang berpangaruh dan mempermudah siswa dalam pembelajaran.
Salah satu unsur itu adalah MEDIA PEMBELAJARAN.
Penggunaan media pembelajaran secara umum adalah untuk memberikan dukungan suplementer secara langsung kepada guru.
Media pembelajaran yang dirancang secara memadai dapat meningkatkan dan memajukan belajar dan memberikan dukungan pada pembelajaran yang berbasis guru dan tingkat keefektifan media pembelajaran tergantung pada guru itu sendiri.
PROSEDUR DAN PRINSIP PEMILIHAN MEDIA
Prosedur atau langkah-langkah yang perlu kita perhatikan dalam memilih media pembelajaran:
1. Identifikasi ciri-ciri media yang diperlukan sesuai dengsan kondisi ,unjuk kerja atau tingkat setiap tujuan pembelajaran.
2. Identifikasi karakteristik siswa yang memerlukan media pembelajan khusus.
3. Identifikasi karakteristik lingkungan belajar berkenaan dengan media pembelajaran yang akan digunakan.
4. Identifiikasi pertimbangan-pertimbangan praktis yang memungkinkan media mana yang mudah diusahakan atau dilaksanakan.
5. Identifikasi faktor ekonomi dan organisasi yang mungkin menentukan kemudahan penggunaan media pembelajaran.
PRINSIP-PRINSIP PEMILIHAN MEDIA
1. Tak ada satupun media prosedur dan pengalaman belajar yang paling baik untuk belajar percayalah bahwa penggunaan media itu sesuai dengan tujuan khusus pembelajaran.
2.Anda harus mengetahui secara menyeluruh kesesuaian antara isi dan tujuan khusus program.
3. Media harus mempertimbangkan kesesuaian antara penggunaannya dengan cara pembelajaran yang dipilih
4. Pemilihan media itu sendiri jangan tergantung pada pemilihan dan penggunaan media tertentu saja
5. Sadarlah bahwa media yang paling baik pun apabila tida dimanfaatkan secara baik akan berdampak kurang baik
6. Kita menyadari bahwa pengalaman,kesukaan minat dan kemampuan individu serta gaya belajar mungkin berpangaruh terhadap hasil penggunaan media
7. Kita menyadari bahwa sumber-sumber dan pengalaman belajar bukanlah hal-hal yang berkaitan dengan baik atau buruk tetapi sumber-sumber dan pengalaman belajar ini berkaitan dengan hal yang konkrit atau abstrak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar